Tuesday, July 19, 2011

postheadericon Tips Photoshop : Pengaturan Penting Sebelum Mendesain

Apa yang lebih menyebalkan sebagai web designer ataupun graphic designer ketika sedang dikejar deadline dan mendadak software yang kita pakai seperti photoshop mendadak menjadi lambat. Tetapi sebelum mengganti PC atau laptop dengan Quad Core atau menambah RAM hingga 32GB mungkin tips dan trik cara untuk membuat Photoshop bekerja lebih cepat dan lebih optimal ini ada baiknya dicoba terlebih dahulu.

Sesuaikan Jumlah Undo yang diingikan
Mungkin kita sudah merasa buruk mengklik "undo” puluhan kali dan menyadari bahwa Photoshop tidak akan memberi kita lebih banyak undo lagi, tetapi masalah ini dapat dengan mudah diselesaikan dengan mengubah pengaturan di Undo History "Edit> Preferences> Performance ” menu.
Tetapi ada cara yang lebih efisien untuk maju dan mundur yaitu dengan menggunakan fitur "Snapshots”, yang pada dasarnya adalah pembekuan keadaan pada pekerjaan design karena bila memakai memory RAM kurang dari 2GB sebaiknya janganlah memakai Undo sama sekali untuk meningkatkan performa komputer kita.


Berapa banyak Cache yang diperlukan?
TingkatpPengaturan cache dapat ditemukan di dalam "Edit> Preferences> Performance” menu, tepat di bawah History State. Cache ini menentukan histogram dan banyaknya waktu yang dibutuhkan sebuah gambar atau design untuk muncul di layar setelah suatu tindakan atau revisi.
Secara default, terdapat 6 tingkat cache; jumlah maksimum adalah 8 yang akan – jelas – meningkatkan kecepatan rendering. Hal ini efektif khususnya ketika bekerja dengan gambar resolusi tinggi. Ketika bekerja dengan design yang lebih kecil atau melihat gambar pada 50% Zoom, tingkat cache ini akan menentukan jumlah "down sampling” yang memungkinkan Photoshop untuk melakukan operasi lebih cepat. Photoshop menggunakan Image Caching dan jika memiliki jumlah RAM yang besar, seperti setidaknya 2GB dan bekerja dengan gambar resolusi tinggi, mungkin sebaiknya menaikkan tingkat cache menjadi 8 untuk meningkatkan performa kecepatan yang akan mengkompensasi hilangnya memori, tetapi jika memiliki jumlah RAM yang rendah dan biasanya bekerja dengan design kecil (1-4MB), mungkin sebaiknya ingin turun ke 1 atau 2 sehingga RAM akan lebih banyak dialokasikan untuk menyimpan gambar ketimbang caching.


Waspadalah akan penggunaan memori komputer kita
Photoshop sangat suka RAM dan akan menggunakan setiap byte RAM yang dapat dipakainya, tetapi para programer juga Photoshop membuat alat untuk membatasi sumber daya RAM komputer yang dapat digunakan, dan bahkan memberikan tip untuk rentang yang sesuai. Pengaturan ini,dapat ditemukan di dalam "Edit> Preferences> Performance” menu.
RAM yang ditampilkan adalah jumlah RAM yang tersisa untuk aplikasi setelah Sistem Operasi diload ke memori. Jika kebanyakan dari aplikasi yang digunakan hanya Photoshop, atau jika memiliki jumlah memori yang rendah, sebaiknya berikanlah 75-80% dari memori yang tersedia. Tapi jika, di sisi lain, jika kita tipe orang yang multi tasking yang sering membuka banyak aplikasi seperti browser, pengolah kata seperti google docs, email, dll ada baiknya untuk membatasi Photoshop untuk sekitar 50% dari RAM.
Setelah mengatur memori RAM, kita dapat mengawasi bagaimana kinerja Photoshop. Di dasar jendela aplikasi gambar design kita, klik di sebelah kanan dokumen informasi ukuran dan pilihlah "Eficiency” yang akan menunjukkan nilai persentase. Jika nilai ini tidak 100%, ini menunjukkan bahwa jika lebih banyak RAM mengalokasikan  untuk Photoshop, operasi yang akan tampil lebih cepat. Menutup aplikasi atau gambar design yang tidak digunakan juga dapat meningkatkan efisiensi – bukan rahasia lagi sekarang, tapi layak disebut demikian.


Gunakan Scratch Disk secara tepat guna
Mirip dengan apa yang terjadi dengan RAM, Photoshop juga menggunakan hard drive space dengan apa yang disebut "scrath disk” yang berfungsi sebagai sumber daya memori sekunder, apabila Photoshop kehabisan RAM. Photoshop mengasumsikan bahwa hard drive utama adalah memori RAM, tapi hal ini dapat diatur untuk memkai hard drive yang berbeda atau bahkan eksternal hard drive.
ika sering bekerja dengan design yang besar, direkomendasikan bahwa untuk memakai Scracth Disk yang dikhususkan dan yang berbeda dengan file tempat kita menyimpan design. Menggunakan Scratch Disk yang berbeda dengan harddisk aplikasi atau tempat menyimpan file design adalah sangat baik, terutama untuk menghindari pelambatan boot drive utama ketika sedang memiliki hanya beberapa gigabyte sisa.

Matikan fitur Font Preview
Photoshop user (khususnya designer) ingin memiliki pilihan font selalu terinstal dan siap digunakan, tetapi ketika preview font aktif dan memiliki terlalu banyak font, hal tersebut dapat memperlambat performa komputer. Mematikan fitur Font Preview dapat menjadi langkah sederhana dan cepat untuk meningkatkan kinerja Photoshop kita. Untuk melakukannya, cukup masuk ke "Edit> Preferences> Type” menu dan menghapus tkita cek dari "Preview Font Size”.

Gunakan Thumbnail Size Options

Menampilkan tampilan thumbnail di Layers, Channels, dan Pallete akan menyebabkan Photoshop mengkonsumsi lebih banyak RAM karena akan selalu meng-update thumbnail untuk mencerminkan perubahan yang dilakukan dalam proyek design. Pemakaian memori ini akan terus tumbuh seiring dengan jumlah thumbnail sudah dibuka pada waktu yang sama.

Untuk mempercepat kinerja Photoshop, kita bisa menggunakan ukuran thumbnail yang lebih kecil atau tidak ada sama sekali. Untuk melakukannya, di masing-masing pallete, pilih "Panel Option” dari menu pallete dan pilihlah ukuran yang terkecil dari thumbnail atau "None”.

Pelajari Bagaimana Menggunakan Purge
Ketika bekerja pada gambar design, Photoshop menyimpan data gambar design untuk fitur Undo, Clipboard, dan History. Hal ini sangat mengkonsumsi memori RAM, terutama jika telah cukup lama bekerja dan memiliki sejumlah besar History Undo State.

Untuk menghilangkan data gambar design ekstra yang memakan RAM, pergilah ke: "Edit> Purge> Options”. Perlu diketahui bahwa Clearing History akan menghapus semua History State disimpan sebelumnya dan tindakan terakhir ini tidak dapat dibatalkan.

Atur Maximised PSB File PSD Dan Kompatibilitas ke Always or Ask
Memaksimalkan PSD dan PSB Kompatibilitas File memperbesar ukuran file dengan melekatkan salinan gambar design jika men-save pekerjaan design. Sejumlah kecil data tambahan dimasukan kedalam file ketika memilih pilihan ini yang memastikan bahwa file PSD dan PBS yang disimpan di Photoshop akan terbuka di versi sebelumnya.

Sebagai tambahan, jika kita ingin menggunakan Edit di Photoshop Lightroom, pilihan ini harus diaktifkan. Untuk mengubah opsi Maksimum Kompatibilitas File pilihlah "Photoshop> Preferences> File Handling”.

Bijaksanalah dengan Brushes Photoshop kita
Tentu saja, kita dapat dengan mudah menemukan sejumlah besar brush yang lucu dan unik untuk ditambahkan padaPhotoshop default kuas, huruf, pattern, dll tapi itu bukan berarti kita harus men-download setiap freebie yang datang. Bijaksanalah! Terlalu banyak plugin dan brushes yang terpasang di Photoshop akan sangat menurunkan kinerja. Kebanyakan desainer papan atas menggunakan font pilihan kecil dan kuas yang mendefinisikan gaya mereka dan yang dapat digunakan dalam jumlah besar cara untuk jutaan hasil yang berbeda. Belajarlah seperti mereka.

Reset Pengaturan Default

Jika kita menggunakan komputer yang harus dibagi untuk kebutuhan Photoshop kita, maka ada sedikit Photoshop start up trik yang mungkin berguna. Ketika meluncurkan aplikasi, jika kita menekan terus: Alt + Control + Shift (Windows) atau Command + Option + Shift (Mac), sebuah jendela akan muncul menanyakan apakah kita ingin menghapus pengaturan Photoshop file, mengatur ulang semua preferensi yang ada.

0 comments:

Blog Archive

About Me