Sunday, July 10, 2011

postheadericon Posisi RD di Timnas Terancam

Posisi Rahmad ’RD’ Darmawan sebagai asisten pelatih tim nasional (timnas) U-23 Indonesia terancam dibatalkan.Kondisi ini terkait ditundanya ajang Piala AFF di Palembang sampai September mendatang.

RD sebelumnya diposisikan sebagai asisten pelatih Alfred Riedl untuk menukangi masa-masa persiapan Yongki Ariwibowo dkk. Hal ini diterapkan karena Riedl harus berkonsentrasi penuh menukangi timnas senior di ajang Kualifikasi Pra-Piala Dunia (PPD) 2014, 23 dan 28 Juli ini.

Namun,karena gelaran Piala AFF baru dilaksanakan setelah laga PPD dimainkan timnas senior,Riedl jadi mempunyai waktu untuk menukangi timnas Garuda Muda.Karena itu,bisa diindikasikan jika RD tak akan lagi dijadikan asisten pelatih timnas U-23.

’’Riedl masih head coach untuk timnas senior dan timnas U-23 sesuai kontraknya sampai 2012.Status RD baru akan ditentukan setelah second leg PPD 2014,’’ ungkap Asisten Pelatih Wolfgang Pikal, kemarin.

Kemungkinan nama pelatih Persija Jakarta ini keluar dari tim kepelatihan Riedl akan semakin kuat jika timnas senior gagal melewati hadangan Turkmenistan di PPD 2014.Sebab,jika timnas senior keluar dari persaingan PPD 2014,Riedl dipastikan kembali memfokuskan diri dalam menukangi timnas U-23 di ajang SEA Games, November mendatang.

Nasib RD di timnas U-23 sepertinya akan ditentukan pada laju timnas senior di ajang PPD 2014.Sebab,sepertinya dua asisten Riedl yang selama ini ditempati Pikal dan Widodo C Putro seperti tidak akan tersentuh untuk dicopot. Namun,itu semua masih akan berubah jika timnas senior bisa melangkahi Turkmenistan.

Kondisi ini tentunya sangat tergantung dengan suksesi kepengurusan PSSI. Sebab, sebelum ada kepengurusan baru di tubuh PSSI,beberapa dana segar untuk menunjang anggaran timnas tidak bisa terealisasi.

’’Sampai saat ini kami harus mempersiapkan dua tim pelatih untuk menangani timnas U-23 dan timnas senior. Tapi tentu saja jika timnas senior lolos ke babak berikutnya,’’ tandas Pikal. ● decky irawan jasri

0 comments:

Blog Archive

About Me